151 Calon Siswa Bintara di Sulteng Dinyatakan Lulus

WhatsApp Image 2018-08-03 at 19.45.57
SUASANA sidang penetapan kelulusan akhir peneriman Bintara Polri tahun 2018 di Aula Torabelo Mapolda Sulawesi Tengah, Jumat (3/8/2018) siang. FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Sebanyak 151 calon siswa (casis) Bintara Polri di Sulawesi Tengah (Sulteng) dinyatakan lulus terpilih untuk selanjutnya mengikuti pendidikan.

“Tadi yang lulus itu sebanyak 151 orang, 137 orang pria dan 14 wanita,” kata Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Ermi Widyatno kepada sejumlah jurnalis usai memimpin sidang penetapan kelulusan akhir peneriman Bintara Polri tahun 2018 di Aula Torabelo Mapolda Sulteng, Jumat (3/8/2018) siang.

Ermi mengatakan, dari 137 pria casis Bintara, tiga diantaranya adalah calon bintara kompetensi khusus dan satu calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang tidak lulus.

Ia mengatakan, satu dari tiga orang calon taruna Akpol yang tidak terpilih pada sidang lulus akhir tingkat pusat itu kemudian mendaftar di Bintara dan langsung dinyatakan lulus tanpa tes.

Menurut Kapolda, proses penerimaan Bintara Polri di Sulteng sudah berjalan baik sesuai dengan prinsip Botak (Bersih, Obyektif, Transparan, Akuntabel dan Kualitas Baik).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Ermi mengucapkan selamat kepada para casis Bintara yang dinyatakan lulus terpilih.

“Laksanakan pendidikan dengan baik dan penuh semangat. Bagi yang dinyatakan lulus tidak tepilih dikarenakan kuota yang terbatas tetap sabar, optimis dan berusaha dengan sebaik-baiknya untuk mendaftar kembali pada tahun depan,” kata mantan Wakapolda Riau itu.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng Kombes Polisi Muslikhun menambahkan, dalam sidang penetapan kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri itu terdapat lima casis yang dinyatakan lulus tidak terpilih.

“Kelima orang ini lulus tapi tidak terpilih karena kuota terbatas,” kata orang pertama di Biro SDM Polda Sulteng itu.

WhatsApp Image 2018-08-03 at 19.52.57
KAPOLDA Sulteng Brigjen Polisi Ermi Widyatno memberikan selamat kepada para casis yang dinyatakan lulus terpilih. FOTO: ICHAL

Selanjutnya mereka yang dinyatakan lulus terpilih itu akan mengikuti pendidikan masing-masing 134 orang casis Bintara pria di SPN Labuan Panimba Polda Sulteng, tiga casis Bintara pria di SPN Batua Polda Sulawesi Selatan, dan 14 casis Bintara wanita di Sepolwan Ciputat Tangerang Selatan.

“Untuk pendidikannya itu dibuka secara serentak pada Selasa, 7 Agustus 2018,” ujar Muslikhun sembari berpesan agar casis Bintara yang lulus terpilih tetap menjaga kesehatan untuk menempuh pendidikan sebagai Bintara Polri.

Sementara itu, isak tangis dari para casis langsung mewarnai Aula Torabelo begitu hasil sidang penetapan diumumkan oleh pihak panitia.

Para casis yang lulus terpilih maupun tidak terpilih tak mampu menahan tangisnya dan langsung memeluk orang tuanya yang hadir dalam sidang penetapan kelulusan akhir tersebut.

Sejumlah pihak panitia juga harus turun tangan menenangkan dengan memberikan semangat dan optimisme kepada para casis yang dinyatakan lulus tapi tidak terpilih. CAL

Komentar