Gempa 4,7 SR Guncang Morowali

WhatsApp Image 2019-12-20 at 22.22.01SultengTerkini.Com, MOROWALI– Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bahodopi dan Kaleroang, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (20/12/2019) pukul 22:34 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho mengatakan, hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR).

Dia mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.95 LS-122.37 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tolo, 12 kilometer (km) arah utara Kaleroang dengan kedalaman 10 km.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II MMI di Bahodopi. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Komentar