SMK 1 Tiloan Buol Diharap Jadi Sekolah Spesialis Peternakan

-Buol, Sulawesi Tengah-
oleh

BUOL- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir berkunjung ke SMK 1 Tiloan di Kabupaten Buol, Rabu (1/12/2021).

Pada kesempatan itu, Wagub bersama istri Halimah Ma’mun Amir diterima Bupati Buol, dr Amirudin Rauf, Kepala SMK Tiloan Murapto dan pejabat terkait lainnya.

Bupati memberi masukan ke wagub agar SMK Tiloan diarahkan ke sekolah dengan program unggulan peternakan.

“Bukan hanya sekolah peternakan, tapi industri peternakan yang lengkap,” harap bupati.

Sementara itu, wagub dalam arahannya memberikan apresiasi kepada SMK 1 Tiloan yang sangat konsentrasi menjadikan peternakan sapi sebagai program unggulan.

“(Sekolah) ini sangat mendukung visi misi kami yaitu sekolah vokasi dan semoga dapat dilakukan SMK lainnya,” kata wagub agar SMK menyiapkan lulusan siap kerja sesuai bidangnya.

Wagub menginformasikan bahwa pemerintah provinsi telah menggratiskan biaya pendidikan pada jenjang SLB, SMA, dan SMK guna meningkatkan partisipasi sekolah.

Di bagian lain, dia menyampaikan bahwa PT IMIP meminta pemerintah provinsi dapat menyuplai daging sapi ke sana.

Untuk itu, dia telah memerintahkan kadis peternakan menyurvei kabupaten kota mana yang sanggup menyuplai 90 ekor sapi per bulan secara berkelanjutan.

“Dengan catatan suplai tidak boleh putus,” tandasnya menawarkan ke Pemerintah Kabupaten Buol.

Tidak sampai disitu, dia juga meminta masyarakat dapat menyeriusi peternakan sapi di Buol sesuai harapan bupati agar kedepan hasilnya dapat dikirim ke Kalimantan.

“Dalam rangka menghadapi perpindahan ibukota negara, maka Sulawesi Tengah harus jadi tulang punggungnya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, diserahkan simbolis seekor dari lima ekor sapi PO betina bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulteng untuk dikembangbiakkan oleh SMK 1 Tiloan. HAL

Komentar