Pemkab Sigi Serap Aspirasi Warga Terpencil Demi Pemerataan Pembangunan

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerap aspirasi warga di wilayah-wilayah terpencil dan terjauh demi percepatan dan pemerataan pembangunan di daerahnya.

Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi di Sigi, Sabtu (3/9/2022) mengemukakan program pembangunan sarana dan infastruktur di wilayah terpencil menjadi satu prioritas pemerintah daerah, untuk percepatan pembangunan kesejahteraan warga.

“Aspirasi masyarakat akan kami jawab dengan program pembangunan daerah,” kata Samuel Pongi.

Dia mengatakan, agar aspirasi masyarakat di wilayah terpencil dapat ditindaklanjuti dalam program pembangunan, maka Pemkab Sigi menyelenggarakan rapat koordinasi tingkat Kabupaten Sigi yang diselenggarakan di Desa Moa, Kecamatan Kulawi Selatan.

Dia mengutarakan, dalam rapat koordinasi itu semua organisasi perangkat daerah (OPD) ikut dan mendengar langsung aspirasi masyarakat.

“Maka, setiap OPD akan menjawab aspirasi itu lewat program pembangunan daerah,” kata dia.

Dia mengatakan, Pemkab Sigi terus mengupayakan pemenuhan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah perdesaan terpencil, salah satunya adalah pembangunan jalan dan jembatan.

“Hal ini agar masyarakat memiliki akses yang memadai, sehingga potensi-potensi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, dapat didistribusikan dengan baik ke pasar,” ungkapnya.

Di samping itu kata dia, Pemkab Sigi juga membangun sarana penerangan jalan umum di wilayah dan terpencil dan terjauh.

Penerangan jalan menjadi satu kebutuhan masyarakat di wilayah terpencil dan terjauh, hal itu untuk mendukung dan mempercepat realisasi program desa terang.

Kemudian, pihaknya juga melakukan pengadaan mobil ambulans kepada desa-desa di wilayah terpencil.

“Kami juga memberikan bantuan hibah rumah ibadah di wilayah terpencil, serta pemberian beasiswa pendidikan kepada generasi muda di wilayah terpencil dan pendidikan gratis,” ungkapnya. ANT

Komentar