BI dan Pemprov Sulteng Luncurkan “Kick Off BBI dan BBWI”

-Utama-
oleh

PALU– Perwakilan Kantor wilayah Bank Indonesia Sulawesi Tengah (Sulteng) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi setempat melaksanakan Kick Off atau luncurkan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata di Indonesia (BWI) dalam Acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023 di Taman GOR, Kota Palu, Jumat (14/4/2023).

“Bank Indonesia sebagai Bank Sentral berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk terus meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian,” kata Kepala Perwakilan Kantor wilayah BI (PKwBI) Sulteng, Dwiyanto Cahyo Sumirat pada acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023 di Palu, Jumat.

Dia mengatakan, Kick Off Gernas BBI dan BBWI 2023 dirangkaikan dengan Acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo sebagai upaya untuk mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Acara Sulteng Ekonomi Syari Expo, menurut dia, upaya transformasi keuangan berbasis syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sulteng di berbagai bidang, di antaranya bidang pariwisata, makanan dan minuman, dan fashion.

“Acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 14 April sampai 16 April. Tentunya dengan potensi ekonomi syariah yang besar dapat menjadi sumber ekonomi yang baru,” katanya.

Dwiyanto mengatakan, BI telah melakukan beberapa program dalam rangka BBI dan BBWI salah satunya yaitu kurasi UMKM se Sulawesi Tengah dengan melakukan kurasi kepada sebanyak 135 UMKM/IKN serta mendatangkan kurator nasional.

Dwiyanto mengharapkan dengan kurasi tersebut dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas dari UMKM/IKN lebih tinggi lagi dan pasar yang lebih luas.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemprov Sulteng, Rudy Dewanto mengapresiasi Gernas BBI yang dirangkaikan dengan terselenggaranya Acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo.

“Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi Gernas BBI ini yang dirangkaikan dengan Acara Sulteng Ekonomi Syariah Expo yang tentunya dapat meningkatkan kreatifitas, kualitas, dan potensi UMKM di Sulawesi Tengah,” katanya.

Sebelumnya, Sulteng menjadi salah satu provinsi lokasi fokus pelaksanaan Gernas BBI dan BBWI dan BBWI.

Sementara itu, Gernas BBI dan BBWI 2023 sendiri dilaksanakan di sembilan provinsi, termasuk Sulawesi Tengah bersama co-Campaign Manager dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). ARA

Komentar