Sirajuddin Ramly Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Umum Ika Fakum Untad

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Musyawarah Cabang (Muscab) I Ikatan Alumni (Ika) Cabang Fakultas Hukum (Fakum) Universitas Tadulako (Untad) berlangsung di Khan Studio Jalan Lamotu, Kota Palu pada Sabtu (2/12/2023).

Muscab merupakan agenda lima tahunan sebagaimana amanat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ika Untad.

Acara pemilihan ketua merupakan agenda yang menarik dan diikuti secara antusias oleh 34 perwakilan Angkatan Alumni Fakum Untad, disamping agenda lain yang sudah dijadwalkan oleh panitia pelaksana.

Dalam proses pemilihan yang dipimpin oleh Steering Commitee, Salman Hadiyanto dan Yahdi Basma sempat berjalan alot dengan adanya masukan dan interupsi dari peserta muscab.

Namun dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan proses pemilihan tetap berjalan tanpa ada kendala yang signifikan.

Tahapan proses pemilihan diawali dengan penjaringan bakal calon ketua. Dimana setiap angkatan memilih maksimal dua nama dan dalam proses tersebut Sirajuddin Ramly memperoleh terbanyak dengan 17 suara.

Selanjutnya disusul oleh Takbir Larekeng delapan suara, Yahdi Basma lima suara, Andi Baso Mappatoba dan Hairullah empat suara, serta Parawansyah tiga suara. Kemudian para calon diminta kesediaannya oleh steering commite dan lima calon menyatakan kesediaan, sedangkan Yahdi Basma menyatakan tidak bersedia.

Kemudian oleh steering commite meminta kepada lima calon untuk bermusyawarah selama lima menit dan secara aklamasi empat orang calon memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Sirajuddin Ramly sebagai Ketua Umum Ika Cabang Fakum Hukum Untad sekaligus sebagai formatur dan empat yang lainnya sebagai Mide Formatur.

Selanjutnya Sirajuddin selaku ketua terpilih periode 2023-2027 diberikan kesempatan untuk memberikan pidato iftitah dalam acara akhir Muscab I Ika Fakum Untad.

Dalam pidatonya dia menyatakan, eksistensi Ika Fakum Untad dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan almamater agar lebih kompetitif dengan Fakultas Hukum lainnya di Tanah Air serta bagaimana memberdayakan alumni yang tersebar di medan pengabdian agar dapat berkontribusi bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara.

Sementara itu, Farid Djavar Nasar sebagai Ketua Cabang Demisioner IKA Fakum Untad merasa bersyukur proses muscab berjalan lancar dan sukses.

Farid berharap kepengurusan yang baru hasil muscab dapat lebih progresif lagi dalam menjalankan roda organisasi dan program kerja yang sudah dibahas dalam muscab, terutama reuni akbar Alumni Fakum Untad di tahun 2024. CAL

Komentar