Melalui LAZISMU, Pemkab Touna Kembali Salurkan Rp282.880.000 Donasi untuk Palestina

-Utama-
oleh

PALU– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah kembali menyalurkan donasi dari warga di wilayahnya untuk membantu warga Palestina melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Sulteng.

Penyaluran donasi tahap II sebesar Rp282.880.000 tersebut secara simbolis dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Touna, Ilham Lawidu dan diterima Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulteng, Mulkus Kisman didampingi Ketua LAZISMU Sulteng, Burhanuddin, di Kantor PWM Sulteng, Kamis (7/12/2023).

Pada kesempatan itu, Ilham Lawidu menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Touna, yang telah menyisihkan hartanya demi membantu kemerdekaan warga Palestina.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Touna, yang bersinergi membantu perjuangan masyarakat Palestina,” kata Ilham.

Dia juga berterima kasih kepada Muhammadiyah atas penerimaan penyaluran donasi yang dikumpulkan para relawan dari warga Kabupaten Touna.

Secara khusus, Ilham menyampaikan apresiasi kepada para relawan, khususnya Solidaritas Muslim Touna, yang menurutnya telah menunjukkan sikap ikhlas untuk membantu warga Palestina, yang saat ini sedang dilanda invasi tentara Israel.

“Kebanggaan tertinggi bagi kami, kepada para relawan yang perjuangannya luar biasa menempuh segala kondisi, hingga ke kecamatan-kecamatan di kepulauan, demi bisa meringankan penderitaan saudara-saudara di Palestina. Ini mungkin bukan yang terakhir, karena relawan berjuang bukan untuk Palestina saja, tetapi juga kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan,” tutur Ilham.

Dia juga mengungkapkan, para relawan Solidaritas Muslim Touna saat ini belum berhenti melakukan penggalangan donasi untuk masyarakat Palestina.

“Tetap masih dibuka posko-posko, supaya seluruh masyarakat Touna dapat tetap menyalurkan bantuannya ke posko-posko tersebut,” tutur Ilham.

Sementara itu, Sekretaris PWM Sulteng, Mulkus Kisman mengatakan, penyaluran donasi yang dilakukan oleh warga Touna bersama para relawan dan pemkab, bersandar pada panggilan kemanusiaan dan agama, yang menunjukkan kepedulian kepada saudara-saudara sesama manusia.

“Alhamdulillah, Muhammadiyah dipercaya oleh pemerintah sebagai lembaga yang menyalurkan donasi.  Ini suatu kesyukuran, kepercayaan yang harus kita jaga bersama, karena kepercayaan adalah sesuatu yang mahal. Saya yakin, kalau bukan karena kepercayaan, Pemkab Touna tidak akan titipkan amanah ini. Mudah-mudahan, apa yang dilakukan Pemkab Touna ini dapat menjadi contoh bagi Pemkab lainnya,” ujar Mulkus.

Sebelumnya, Pemkab Touna juga telah menyalurkan donasi dari warga Touna untuk masyarakat Palestina, melalui LAZISMU Sulteng, pada 9 November 2023 lalu.

Bantuan tahap I sebesar Rp100 juta tersebut diserahkan langsung Bupati Touna, Mohammad Lahay kepada PWM Sulteng dan LAZISMU Sulteng. FAH

Komentar