Gula Semut Molomamua Parimo Wakili Sulteng Ikut UMKM Expo Brilianpreneur di Jakarta

-Ekonomi, Utama-
oleh

JAKARTA– UMKM Gula Semut Molomamua yang merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sukses mewakili Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk mengikuti UMKM Ekspo (RT) Brilianpreneur di Jakarta.

Event yang diinisiasi oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) itu berlangsung di Jakarta Convention Center Lantai Dasar yang dilaksanakan pada 7 hingga 10 Desember 2023 dan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Direktur Utama BRI, Sunaso mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peluang bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Presiden mengungkapkan, UMKM Indonesia perlu untuk terus naik kelas, go digital dan go internasional serta harus mampu menguasai pasar lokal, namun tidak melupakan pasar global.

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2023 ini. Produk-produk yang ditampilkan betul-betul dikurasi dengan baik, kemasannya dan brandingnya juga sangat bagus. Yang paling penting bagaimana cara mempertemukan dengan buyers dengan pelaku UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Sopyan, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Parimo yang mendampingi UMKM Gula Semut Molomamua saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2023) mengatakan, sebelum mewakili Provinsi Sulawesi Tengah pada event tersebut, UMKM Gula Semut Molomamua telah mengikuti beberapa event dan meraih peringkat pertama di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, diantaranya pemenang Astra Satu Indonesia dibidang kewirausahaan.

“Produk Gula Semut Molomamua juga telah memiliki izin BPOM RI MD dan Nutrision Fact/Nilai Gizi yang merupakan UMKM andalan Kabupaten Parigi Moutong. Semoga kedepannya lebih berkembang, sehingga memberikan peluang lapangan kerja bagi putra/putri di daerah,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, UMKM Gula Semut Molomamua juga telah bekerjasama dengan Makadaya untuk pengembangan usaha sosial, sudah mendapatkan mesin packing sachet dari Dinas Koperasi dan UMKM, perluasan pasar ke kios kecil karena telah kemasan sachet.

Setelah mengikuti pameran UMKM Expo (RT) Brilianpreneur di Jakarta, UMKM Gula Semut Molomamua selanjutnya akan mengikuti lomba Bazar Klinik Bisnis di Kalimantan dan Bazar Brilianpreneur.

“Semoga membawa harum nama Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Parigi Moutong pada ivent tersebut,” ujarnya. HAL

Komentar