Dislutkan Sulteng Juara Umum Layanan Informasi dan Komunikasi Publik 2023

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Novalina didampingi Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sudaryono Lamangkona menyerahkan penghargaan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Sulteng sebagai juara umum Layanan Informasi dan Komunikasi Publik tahun 2023 dan secara langsung diterima Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Moh Arif Latjuba di sebuah hotel Jalan Basuki Rahmat Kota Palu, Kamis (14/12/2023).

Penghargaan selanjutnya diberikan kepada enam organisasi perangkat daerah (OPD) peraih Sulteng satu data award yakni Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Sulteng, Dinas Kesehatan Sulteng, Balitbang dan Informasi Daerah, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pangan, serta Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik.

Selanjutnya empat OPD dan satu kabupaten kategori ‘lnformatif’ dalam layanan informasi dan komunikasi publik yakni Dinas Cipta Karya, Inspektorat Daerah, Kesbangpol, BPSDM dan Kabupaten Banggai Laut.
Kategori ‘cukup komunikatif’ diraih BPSDM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Dinas Kominfo Persandian dan Statistik serta Kabupaten Morowali Utara.

Terakhir, untuk Layanan Aduan Masyarakat dengan kategori ‘cukup responsif’ diraih Dinas Kominfo, Statistik dan Persediaan, Dinas Kelautan Perikanan, Bappeda, Badan Pendapatan Daerah dan Kabupaten Banggai.

Dalam sambutan gubernur, sekprov memberikan apresiasi kepada enam OPD yang memperoleh tingkat kematangan pengelolaan statistik sektoral dengan predikat baik dan cukup.

“Saya berharap kedepan perolehan predikat lebih ditingkatkan menjadi sangat baik hingga memuaskan,” ujarnya.

Menurutnya, data adalah sumber daya yang cukup mahal bahkan lebih mahal dari minyak bumi.

Untuk itu kepada OPD selaku produsen data agar serius dalam menyiapkan data statistik yang tepat benar dan akurat serta berkualitas.

Dia berharap agar Dinas Kominfo dapat memastikan bahwa data yang dibuat setiap OPD telah memenuhi prinsip satu data Indonesia yang dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.

Sementara Bappeda dalam menyusun perencanaan setiap tahun dapat berkonektivitas dengan visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik, Sudaryano R Lamangkona menyampaikan lima tujuan pelaksanaan pemberian penghargaan award satu data.

Kelima tujuan dimaksud yakni pertama, mengukur capaian tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral pada perangkat daerah.

Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada pemerintah daerah.

Ketiga, meningkatkan pemahaman terhadap domain aspek dan indikator yang akan dinilai.

Empat, mendapatkan gambaran pengelolaan layanan informasi publik yang telah dilakukan PPID pembantu dan kelima melakukan perbaikan dan penyempurnaan di masing-masing perangkat daerah.

“Selamat kepada para perangkat daerah yang telah meraih predikat ‘baik’ dan ‘cukup’ serta predikat ‘informatif, komunikatif dan responsif’ tahun 2023,” ujarnya. HAL

Komentar