Lima Faktor Penyebab Kanker Usus Besar, Termasuk Keseringan ‘Mager’

-Kesehatan, Utama-
oleh

JAKARTA– Kanker usus besar (colon/colorectal cancer) adalah salah satu jenis kanker usus yang paling sering terjadi. Dikutip dari Mayo Clinic, kanker usus besar umumnya berawal dari benjolan pada usus yang disebut polip.

Biasanya, polip tidak membahayakan. Namun pada beberapa kasus, polip bisa berkembang menjadi tumor yang kemudian menyerang jaringan usus dan menyebabkan kanker.

Kanker usus besar sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang paling mematikan. Karenanya, penting untuk mengetahui faktor penyebab kanker usus besar agar bisa dilakukan pencegahan. Terlebih, beberapa faktor penyebab kanker usus besar berasal dari kebiasaan yang dilakukan banyak orang sehari-hari.

Faktor Penyebab Kanker Usus Besar

Lantas, apa saja hal-hal yang bisa jadi penyebab kanker usus besar tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Sedentary Life

Sedentary life atau gaya hidup ‘mager’ merupakan faktor risiko dari beragam penyakit, termasuk kanker usus. Sebuah studi mengungkapkan orang yang tidak berolahraga secara teratur memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker usus besar.

Di sisi lain, rutin berolahraga dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker usus besar hingga 30 persen, dan risiko kematian akibat penyakit lainnya sebesar 38 persen.

2. Merokok

Sebuah studi menemukan bahwa perokok aktif memiliki risiko 15 hingga 60 persen lebih tinggi mengalami kanker usus besar dibanding orang yang tidak merokok. Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kanada, senyawa kimia dalam rokok bersifat karsinogen dan dapat menyebabkan mutasi pada sel sehingga memicu kanker.

3. Obesitas

Dikutip dari laman Medical News Today, orang yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker usus besar. Ini dikarenakan berat badan yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya peradangan kronis yang dapat memicu kanker, termasuk kanker usus besar.

“Berat badan berlebih, terutama lemak visceral dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan kronis yang mana diketahui menjadi pemicu kanker muncul dan berkembang,” ucap spesialis penyakit dalam terkemuka, dr William Li, MD.

4. Tidak Memerhatikan Asupan Makanan

Pola makan yang sembarangan dan tidak seimbang juga dapat menjadi faktor penyebab kanker usus besar. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti sapi atau domba, atau tidak mengonsumsi makanan berserat dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

5. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga diyakini dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Sebuah studi menyebutkan untuk bisa mencerna minuman beralkohol melibatkan proses konversi etanol menjadi metabolitnya. Proses konversi tersebut dapat menghasilkan efek karsinogen pada usus sehingga meningkatkan risiko kanker usus besar.

Selain pola hidup tidak sehat, kanker usus juga bisa disebabkan oleh faktor biologis seperti pertambahan usia, memiliki ras kulit hitam, dan riwayat kanker usus pada keluarga.

(sumber: detik.com)

Komentar