TPID Sulteng akan Sidak Tiap Pekan Pantau Harga Bahan Pokok, Termasuk BBM

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Rusdy Mastura memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Polibu kantor gubernur pada Senin (4/3/2024).

Turut hadir unsur forum koordinasi pimpinan daerah Sulteng, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, para bupati/walikota se Sulteng, pihak perbankan, Kepala Bulog, kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Sulteng.

Rapat tersebut menghasilkan rekomendasi bersama jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yakni inspeksi mendadak (sidak) tiap per pekan untuk memantau harga dan pasokan komoditas pangan serta penyaluran BBM dan LPG.

Selain itu juga digelar pasar murah per pekan pada Sabtu hingga Selasa di pasar tradisional Kota Palu, Kabupaten Banggai, Morowali, yang disinergikan dengan TPID.

Kemudian optimalisasi APBD untuk mendukung pengendalian inflasi daerah, menugaskan BUMD/BUMDes/badan usaha lainnya untuk mendatangkan komoditas rentan inflasi yang disubsidi pemerintah daerah atau pembiayaan lainnya.

Selanjutnya komunikasi kepada masyarakat melalui tokoh agama dan masyarakat, media massa, serta media sosial terkait ketersediaan pasokan pangan, belanja bijak, dan mendorong konsumsi beras SPHP. LAH

Komentar