Korsel Bantu PLTS untuk Dua Desa di Bangkep

-Utama-
oleh

JAKARTA– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menandatangani bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), di Jakarta, pada Rabu (6/3/2024).

“Bantuan PLTS ini akan dibangun di Kepulauan Bakalan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Kapasitas PLTS yang akan dibangun hanya setengah megawatt dikhususkan untuk dua desa di pulau tersebut,” ungkap Ridha Saleh, Tenaga Ahli Gubernur, Kamis (7/3/2024).

Proyek PLTS ini disalurkan melalui BIMPEAGA-ROK Coorporation Projct Fund, dimana housenya adalah Global Green Growth Institute dangan jumlah dana senilai Rp24 miliar.

“Alhamdulillah, bapak gubernur baru saja menandatangani kontraknya dan didampingi langsung Pelaksana Harian Kadis ESDM Sulteng dan juga sudah dikordinasikan dengan Penjabat Bupati Banggai Kepulauan. Kita berharap project ini segera dibangun, karena semua data yang diminta sudah lengkap semua,” katanya.

Melihat ekspresi gubernur senang sekali karena menurutnya, selain bisa membantu masyarakat, hal ini juga merupakan proyek pertama listrik ramah lingkungan pertama di kepulauan Sulteng. HAL

Komentar