Walikota Palu Serahkan 655 Unit Huntap Petobo Kepada Penyintas Bencana

-Utama-
oleh

PALU– Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menghadiri acara penyerahan kunci kepada warga penghuni Hunian Tetap (Huntap) Petobo, Kecamatan Palu Selatan sebanyak 655 unit pada Rabu (20/3/2024).

“Suatu kebanggaan bagi semua warga Kota Palu menyaksikan peristiwa yang kelak akan dikenang oleh orang di belakang kita bahwa setelah lebih dari lima tahun pascabencana likuefaksi di Kelurahan Petobo, hari ini pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Palu, Alhamdulillah bisa menghadirkan suatu performa kawasan huntap bagi warga yang terdampak bencana,” kata Walikota Hadianto dalam sambutannya.

“Kami menyadari bahwa perumahan yang dibangun harus ramah lingkungan dan tangguh terhadap ancaman bencana di masa depan,” katanya.

Walikota mengatakan, pelaksanaan pembangunan Huntap Petobo ini didasarkan atas kesadaran, bahwa pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pada wilayah terdampak bencana, tidak hanya sekadar membangun kembali rumah yang rusak, tetapi sebagai upaya membangun kembali pemukiman baru yang tangguh terhadap bencana.

Menurutnya, semua yang hadir menyaksikan, bahwa pembangunan huntap di Petobo ini memiliki tingkat kesulitan lumayan pelik, mulai dari awal pengadaan tanah, pemilihan site huntap, sampai proses pembangunan dan penyerahan kunci pada hari ini.

Hanya karena ketulusan dan kerjasama saja pantang menyerah, serta kesabaran masyarakat Petobolah dan tak lupa bantuan dari Allah semata, sehingga acara hari ini bisa terlaksana, penyerahan 655 kunci bagi warga terdampak bencana di Petobo Kota Palu.

Walikota berpesan, semoga keberadaan huntap dapat dimanfaatkan bukan hanya sebagai tempat pemukiman semata, namun juga berfungsi ganda sebagai sarana penunjang edukasi bagi pengembangan kawasan tangguh bencana dimasa depan, dengan kelengkapan sarana pemukiman yang resilince dan ramah lingkungan.

Untuk itu, sekali lagi walikota menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga terdampak bencana Petobo atas kesabarannya selama lebih dari lima tahun ini.

“Harapannya untuk terus menjaga apa yang telah ada saat ini, kawasan yang telah terbangun ini semoga dapat lebih ditingkatkan lagi dimasa mendatang,” tutur Walikota Hadianto. CAL

Komentar