Satgas PUPR Sebut Masalah Tanah Pembangunan Huntap di Palu Belum Selesai

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Ma’mun Amir menerima audiensi Kasatgas Bidang Infrastruktur PUPR Ari Sutiadi beserta jajarannya di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2024). Turut mendampingi gubernur, Asisten Administrasi Umum, M Sadly Lesnusa.

Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng telah memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk pembebasan lahan hunian tetap (huntap) bagi warga terdampak bencana 28 September 2018 lalu yang kehilangan tempat tinggal.

Dia pun meminta Kasatgas Bidang Infrastruktur PUPR menyerahkan progres pembangunan infrastruktur dan permasalahan yang ditemukan dilapangan untuk dibahas secara teknis dan kolektif bersama seluruh stakeholder dan Pemkot Palu.

Sementara Kasatgas Bidang Infrastruktur PUPR, Ari Sutiadi melaporkan perkembangan pembangunan infrastruktur di masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

Menurutnya, progres pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik dan diprediksi semua pekerjaan dapat selesai pada Desember 2024.

Akan tetapi kata dia, masih ditemukan beberapa permasalahan dilapangan diantaranya sebagian tanah huntap belum clear dan clean.

Selain itu, jajarannya telah menyediakan air baku di beberapa titik yakni Sungai Saluki, Sungai Poboya dan Sungai Lewara.

Dia pun berharap Pemprov Sulteng sebagai regulator dapat mengelola air yang dimaksud untuk menjadi air bersih. HAL

Komentar