PALU– Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu berhasil mencapai target sebesar Rp 1,94 triliun dari yang ditargetkan sebesar Rp. 1,55 triliun, dari realisasi pajak penerimaan tahun 2022.
Hal tersebut diungkapkan Kepala KPP Pratama Palu, Bangun Nur Cahya Kurniawan dalam acara Media Gathering di kantornya, Jalan Muhammad Yamin, Kamis (12/1/2023).
Bangun mengatakan, jika realisasi pencapaian pajak di tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 32,29 persen dari penerimaan realisasi pajak di tahun 2021.
“Naik dari realisasi tahun sebelumnya,” kata Bangun.
Bangun menjelaskan, pencapaian penerimaan pajak KPP Pratama Palu berasal dari lima sektor usaha yakni perdagangan besar dan eceran sebesar Rp 676,94 miliar atau 34.80 persen, administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib sebesar Rp 565,54 miliar atau 29.07 persen.
Kemudian jasa keuangan dan asuransi sebesar Rp 203,61 miliar atau 10,47 persen, kontruksi Rp 118,38 miliar atau 6.09 persen, dan kegiatan jasa lainnya sebesar Rp 87,52 miliar atau 4,50 persen.
“Pemasukan pajak terbesar itu dari perdagangan besar dan eceran meliputi reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor,” ucap Bangun.
Selain itu, dalam penerimaan pajak tahun 2022, pihak KPP Pratama Palu juga berhasil mencapai target Tingkat Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun pajak 2022 sebanyak 75.308 SPT atau sebesar 113,59 persen atau dari 66.297 SPT.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak yang telah memenuhi kewajibannya perpajakannya. Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang telah yang telah mendukung kinerja KPP Pratama Palu baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk jajaran pemerintah daerah, perwakilan daerah, asosiasi-asosiasi usaha, pihak perbankan, dan teman-teman media, sehingga memudahkan kami dalam mencapai target penerimaan yang ditetapkan. Tanpa dukungan dari berbagai pihak, target penerimaan yang dibebankan kepada KPP Pratama Palu akan sulit tercapai terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” ucap Bangun.
Tahun 2022 kata Bangun merupakan tahun prestasi bagi KPP Pratama Palu, karena berbagai prestasi telah di raih di tahun ini diantaranya predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (KemenPANRB) dan penghargaan Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Kementerian/Lembaga Khusus Tahun 2022 dalam program Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB. “Penghargaan yang diperoleh tersebut diharapkan dapat menjadi semangat dan motivasi semua pihak untuk tetap menjunjung tinggi integritas dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak serta meningkatkan kualitas pelayanan KPP Pratama Palu,” tuturnya. HNY
Komentar