Polda Sulteng Siapkan 30 Personel Jadi Pengawal Pribadi Cagub dan Cawagub

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Menjelang penetapan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) oleh Komisi Pemilihan Umum pada 22 September 2024 mendatang, polda setempat menyiapkan pengawal pribadi atau walpri.

Sebanyak 30 personel Polda Sulteng terpilih hasil seleksi dari berbagai satuan kerja (satker) Polda Sulteng menjadi walpri Calon Gubernur (cagub) dan Wakil Gubernur (cawagub) Sulteng, diberikan pembekalan di Posko Operasi Mantap Praja (OMP) Tinombala 2024 pada Selasa (17/9/2024).

Kepala Operasi Mantap Praja Tinombala 2024, Kombes Polisi Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi mengatakan, 30 personel dipersiapkan menjadi walpri cagub dan cawagub Sulteng pada pilkada tahun ini.

“Mereka nanti bertugas setelah KPU menetapkan cagub dan cawagub Sulteng pada pilkada 2024 tanggal 22 September 2024 mendatang,” ungkap Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi yang juga Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sulteng.

Dia mengingatkan kepada seluruh personel yang menjadi walpri untuk tetap fokus dalam tugas pengamanan VIP dan menjaga netralitas Polri.

“Pedomani apa yang menjadi standar operasional prosedur pengamanan VIP, fokus pengamanan VIP dan jaga netralitas Polri,” pintanya.

Dia juga meminta, dalam pelaksanaan pengamanan VIP agar selalu melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan tim paslon maupun dengan aparat keamanan setempat.

Yohanes berpesan agar dalam pelaksanaan tugas tetap memperhatikan empat jaga yaitu jaga diri, jaga keluarga, jaga institusi, serta jaga hubungan baik dengan masyarakat dan seluruh stakeholder.

Sementara itu, Kasatgas Pengamanan Cagub dan Cawagub OMP Tinombala 2024, AKBP Lexy Gagola menambahkan, 30 personel yang dipersiapkan untuk menjadi walpri Cagub dan Cawagub pada Pilkada 2024 diberikan pembekalan sebelum bertugas.

“Pembekalan yang kita berikan adalah tentang teknik dan taktik pengamanan VIP (Very Important Person) yaitu kepada cagub dan cawagub pada Pilkada 2024,” kata Lexy Gagola.

Menurutnya, pembekalan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan anggota yang bertugas sebagai walpri cagub dan cawagub, sehingga mereka siap bertugas untuk mendukung terselenggaranya pilkada 2024 di Sulteng yang aman, damai dan sejuk. CAL

Komentar