248 JCH Asal Tolitoli Diberangkatkan ke Palu

SEJUMLAH Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah sedang menunggu untuk diberangkatkan menuju Kota Palu saat dilakukan prosesi pelepasan di Masjid Agung Al Mubarak, Rabu (2/8/2017). FOTO: MOH SABRAN

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Sebanyak 248 Calon Jamaah Haji (JCH) asal Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah diberangkatkan ke Kota Palu untuk bergabung dengan para JCH dari daerah lain melalui jalur darat dengan menggunakan mobil, Rabu (2/8/2017).

Pantauan SultengTerkini.Com di lokasi pelepasan di area Masjid Agung Al Mubarak, para tamu Allah SWT tersebut diberangkatkan dengan menggunakan kendaraan carteran sebuah PO bus serta menggunakan dua unit bus milik Polres Tolitoli.

Pada saat prosesi pengantaran JCH nyaris terjadi kericuhan antara petugas keamanan dengan para pengantar.

Pasalnya para pengantar merangsek ingin menyalami para tamu Allah tersebut saat ingin naik kendaraan namun dihalau petugas.

Akibatnya terjadi dorong-dorongan antara petugas dan para pengantar yang sebagian besar didominasi para ibu-ibu.

Dari data yang diterima media ini, 248 JCH asal daerah penghasil kota cengkeh itu, terlebih dahulu akan menginap semalam di Asrama Haji Kota Palu dan mengikuti proses cek kesehatan sebelum diberangkatkan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur dimana 248 CJH akan tergabung pada kelompok terbang (kloter) VI Embarkasi Balikpapan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebagian besar para JCH ini merupakan nasabah tabungan haji pada 2010 dan 2011 yang telah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) di bank setelah menunggu selama enam hingga tujuh tahun, dan terdaftar pada Sistem Informasi Haji Terpadu (Siskohat) dibawah kendali Biro Urusan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. SBR

Komentar