Pengurusan SKCK di Polres Tolitoli Meningkat

SEJUMLAH pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian di Satuan Intel Polres Tolitoli, Sulawesi Tengah antusias mengisi formulir sebagai salah satu syarat dokumen untuk mendaftar CPNS di Kemenkum HAM RI, Kamis (3/8/2017). FOTO: MOH SABRAN

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Pengurusan dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Satuan Intelijen Keamanan (Sat Intelkam) Polres Tolitoli, Sulawesi Tengah saat ini meningkat.

Salah satu pemohon dokumen SKCK, Afandi mengatakan, dirinya sengaja mengurus SKCK sebagai keperluan untuk syarat masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dimana SKCK tersebut diperlukan sebagai salah satu syarat untuk masuk menjadi calon tenaga sipir di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan).

“Kebetulan ada penerimaan CPNS di Kemenkum HAM, maka saya mengurus SKCK ini sebagai persyaratan untuk berkas yang akan dimasukkan mendaftar,” tutur Afandi, salah satu tenaga harian lepas di salah satu instansi ketika ditemui SultengTerkini.Com, Kamis (3/8/2017).

Pantauan SultengTerkini.Com di Mapolres Tolitoli, bukan hanya tempat pembuatan SKCK saja yang dipenuhi oleh para pemohon, keramaian tersebut bahkan terlihat juga di salah satu ruangan Sat Reskrim unit Identifikasi dimana para pemohon sebelum mendapatkan SKCK, terlebih dahulu mengurus dokumen pembuatan sidik jari.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kemenkum HAM RI membuka pendaftaran CPNS untuk para lulusan SMA maupun sarjana. SBR

Komentar