Puluhan Jurnalis Ikuti Workshop Jurnalistik PWI Pusat dan PWI Sulteng

PULUHAN jurnalis dari berbagai media massa, baik cetak, elektronik maupun online mengikuti Workshop Jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PWI Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis (24/8/2017). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Puluhan jurnalis dari berbagai media massa, baik cetak, elektronik maupun online mengikuti Workshop Jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PWI Sulawesi Tengah (Sulteng) di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis (24/8/2017).

“Kami mengundang sebanyak 50 jurnalis dari berbagai media massa di wilayah Sulawesi Tengah,” kata Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangara.

Mahmud mengatakan, kegiatan yang mengusung tema “Kontribusi Sawit Bagi Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat” merupakan wujud dari kepedulian PWI Pusat dan PWI Sulteng terhadap wartawan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan.

Selain itu katanya, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan sarana memperluas dan meningkatkan pengetahuan kepada para wartawan Sulteng dan Sulawesi Barat mengenai sawit dan kontribusinya bagi pembangunan ekonomi suatu daerah.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita diawali dengan pembukaan yang oleh Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Sulteng,  Forum Pemimpin Redaksi, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia.

Workshop jurnalistik ini menghadirkan tiga orang pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Pembicara pertama diisi oleh Laode Asrul, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan memaparkan tentang sawit secara agronomi dan sustainability di Sulteng dan Sulbar.

Sementara pembicara kedua diisi oleh Muhamad Ihsan (Pemimpin Umum Warta Ekonomi) yang menyampaikan materi tentang Etika Jurnalistik dan Peran Media dalam Pembangunan Daerah, dan materi ketiga diisi Didi MS Rukmana (Dosen Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Unhas) mengenai Perkembangan Sosial Ekonomi Provinsi Sulbar dan Sulteng sebelum dan sesudah tahun 90 an.

Beberapa komentar dari peserta menyatakan bahwa acara seperti ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang industri kelapa sawit dan juga meningkatkan kompetensi para peserta. CAL

Komentar