Satgas TMMD di Morut Gunakan Gerobak Bangun Jembatan

INILAH lokasi pekerjaan fisik pembangunan deker plat bentangan, salah satu sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa Kodim 1311/Morowali. Tampak sejumlah aparat TNI bersama warga bahu-membahu untuk mengangkat bahan material pengecoran jembatan. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, MORUT– Kondisi geologis wilayah Kabupaten Morowali dan Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah dengan gunung, lembah, dan sungai yang secara fisik memisahkan lokasi tempat tinggal penduduk di daerah kepulauan dengan sekolah, pasar, serta pemukiman lain, secara alami memerlukan jembatan penyeberangan.

Jembatan merupakan salah satu bentuk konstruksi yang berfungsi meneruskan jalan melalui suatu rintangan, seperti sungai, lembah dan lain-lain, sehingga lalu lintas jalan tidak terputus olehnya.

Pemilihan bentuk jembatan sangat dipengaruhi oleh kondisi dari lokasi jembatan tersebut.

Pemilihan lokasi tergantung medan dari suatu daerah dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah dengan konstruksi jembatan harus layak dan ekonomis agar segala aspek kehidupan didaerah terpencil dpat berjalan sama seperti daerah lainnya.

Guna menjawab masalah tersebut, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 yang digelar oleh Kodim 1311/Morowali terus secara aktif membangun jembatan yang terutama diperuntukkan warga di Desa Mamosolato Kecamatan Winangabino Kabupaten Morut, Ahad (15/10/2017).

Kendala minimnya kendaraan roda empat untuk mengangkut bahan bangunan di daerah tersebut tidak membuat patah semangat para anggota Satgas dan masyarakat untuk berinisiatif menggunakan traktor dan gerobak agar pekerjaan tidak tertunda dan terus bekerja dengan ikhlas dan penuh semangat.

Tampak lokasi pekerjaan fisik pembangunan deker plat bentangan (jembatan beton), salah satu sasaran fisik TMMD Kodim 1311/Morowali bersama warga terus bahu-membahu untuk mengangkat bahan material pengecoran jembatan.

“Tak ada rotan akarpun jadi, tak ada kendaraan gerobakpun ahli,” ujar Hamid, warga yang ikut membantu Satgas TMMD setempat. CAL

Komentar