Gubernur Sulteng Tegaskan Janji Politik Harus Diwujudkan Melalui RPJMD

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menyampaikan Pengantar Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulteng tahun 2021-2026 pada Rapat Paripurna DPRD dipimpin Ketua Nilam Sari Lawira, Rabu (3/11/2021).

Pada sambutan pengantar Ranperda tentang RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah 2021-2026, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan, proses penyusunan RPJMD itu telah melalui tahapan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Rusdy mengaku telah menjalankan amanah sejak pelantikan gubernur pada 16 Juni 2021. Sejak saat itu kata dia, janji politik harus diwujudkan melalui RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021-2026 dengan visi “Gerak Cepat Menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Sebagai penjabaran visi, maka dirumuskan sembilan misi dalam RPJMD provinsi diantaranya meningkatkan kualitas manusia melalui reformasi sistem pendidikan dan kesehatan dasar.

Kemudian mewujudkan reformasi birokrasi, supremasi hukum serta penegakan nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia.

Berikutnya mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan.

“Mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah, menjalankan pembangunan masyarakat serta wilayah yang merata dan berkeadilan,” katanya.

Selain itu juga mendorong pembentukan daerah otonom baru agar terjadi percepatan desentralisasi pelayanan, peningkatan lapangan kerja dan produktivitas sektor unggulan daerah.

Gubernur juga menyampaikan bahwa berbagai macam strategi untuk mencapai target visi dan misi yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas, penurunan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka.

Kemudian penurunan angka indeks gini dan peningkatan indeks pembangunan manusia. “Semua usaha ini tidak akan terwujud apabila kita tidak saling bekerjasama dalam bingkai gotong royong membangun negeri bagi Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju,” tutur Gubernur Rusdy Mastura. LAH

Komentar