Vera Mastura Ajak Wanita Sayangi Keluarga dengan Banyak Sajikan Ikan

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir menghadiri Hari Ikan Nasional ke VIII tahun 2021 di Taman GOR, Kota Palu, Kamis (25/11/2021).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) provinsi, Vera Rompas Mastura selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Sulteng juga hadir dalam kesempatan itu.

Wagub, Ketua TP PKK, unsur forum koordinasi pimpinan daerah provinsi, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Trie Lamakampali melihat hasil lomba memasak ikan yang diikuti peserta dari kabupaten dan kota, organisasi wanita instansi pemerintah.

Ketua Forikan Sulteng, Vera Rompas Mastura mendapat penghargaan atas prestasi peningkatan konsumsi ikan Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021.

Vera Rompas Mastura dalam sambutannya menyampaikan, Sulteng merupakan daerah kepulauan yang memiliki luas laut teritorial tiga kali lebih luas dari daratan, sehingga memiliki potensi sumber daya kelautan sangat besar.

Dia mengatakan, pengelolaan ikan dan pemanfaatan dengan bijak dapat menjadi sebuah sumber kehidupan serta kesejahteraan bagi masyarakat saat ini dan masa mendatang.

Menurutnya, kekayaan ikan Sulteng seperti Pelagis, Demersal ataupun ikan air tawar merupakan komoditi pangan dan sumber protein yang penting bagi peningkatan kualitas kesehatan manusia.

Karena kata dia, dengan makan ikan dapat meningkatkan kecerdasan, daya tahan tubuh, mencegah stunting, fisik menjadi lebih kuat dan sehat.

“Untuk itu, melalui kesempatan ini saya mengharapkan kepada seluruh wanita dan ibu rumah tangga, baik tergabung dalam organisasi wanita maupun yang belum tergabung, marilah kita lebih menyayangi keluarga dengan banyak menyajikan sajian ikan. Karena kualitas kesehatan yang baik tidak terlepas dari peran wanita ataupun ibu rumah tangga melalui berbagai menu makanan yang disediakan sehari-hari untuk keluarganya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, ikan merupakan sumber protein yang memiliki berbagai keunggulan bila dibanding dengan sumber protein lainnya.

Seperti yang telah diketahui bersama kata dia, selain protein, ikan itu mudah dicerna, mudah diresap oleh tubuh, ikan banyak mengandung lemak tak jenuh yang menguntungkan bagi tubuh seperti omega 3, omega 6, dan omega 9.

Olehnya dia menyampaikan harapannya pada momen Hari Ikan Nasional ini agar diisi dengan berbagai kegiatan yang mendukung peningkatan konsumsi ikan. CAL

Komentar

News Feed