Dekranasda Tolitoli Kriya dan Kuliner Momentum Cetak UMKM Berkualitas

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tolitoli menggelar  event Dekranasda Tolitoli Kriya dan Kuliner tahun 2023 memperingati  Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) dan Sumpah Pemuda.

Event yang digelar di Taman Gaukan Mohammad Bantilan pada Sabtu malam (04/11/2023) ini adalah momentum mencetak pelaku UMKM yang berkualitas di Tolitoli.

Acara yang berlangsung meriah tersebut diawali dengan sebuah penampilan fashion show cilik dengan tema kostum batik nusantara dari putra-putri  TK/PAUD se Kecamatan Baolan serta penampilan line dance dari berbagai organisasi.

Sekitar 42 tenan yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman, turut meramaikan dan menjajakan kuliner dari berbagai pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli.

Dihadapan ratusan pengunjung, Ketua Dekranasda Tolitoli Sriyanti H Amran menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana serta para sponsor yang telah berpartisipasi sehingga terselenggaranya kegiatan ini.

Dia berharap agar kedepannya para pelaku UMKM di seluruh Kabupaten Tolitoli dapat terus maju dan berkembang sesuai dengan visi misi Bupati Tolitoli untuk menghidupkan 1.000 UMKM.

“Melihat banyaknya pengusaha kuliner dan pelaku usaha yang ikut ambil bagian dalam acara ini tentunya merupakan kebanggaan yang luar biasa bagi pengurus dan anggota Dekranasda  Tolitoli,” ujar Sriyanti.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tolitoli, Moh. Besar Bantilan dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Tolitoli memiliki potensi yang cukup besar dalam upaya mengembangkan sumber daya alam, potensi geografis, kondisi sosial ekonomi maupun yang lainnya.

“Selaku pemerintah daerah dan mewakili masyarakat serta seluruh pelaku UMKM, saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Tolitoli yang telah menyelenggarakan kegaitan ini, serta dampaknya dapat dirasakan bersama. Salah satunya terjadi aktifitas perputaran ekonomi yang menguntungkan banyak pihak, termasuk para pedagang  sayuran, toko -toko elektronik dan pelaku usaha ekonomi lainnya,” jelas Besar Bantilan.

“Kami tentunya akan terus memantau atas kenaikan harga pangan yang melonjak terutama kebutuhan bahan pokok,” tambahnya.

Acara tersebut dihadiri  unsur Forkopimda  Tolitoli, para kepala perangkat daerah, Raja Tolitoli atau Gaukan Mohamad Bantilan ke-17,  Moh. Saleh Bantilan, Camat Baolan, Ketua GOW Tolitoli, Caroline Moh. Besar Bantilan, para pelaku usaha dan UMKM se Kecamatan Baolan.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba fashion show cilik, lomba the best tenan, serta lomba mukbang. GUS

Komentar