HUT PKK Tolitoli Berlangsung Meriah, Bupati Lantik Empat Ketua Kecamatan

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – PeringatanHari Kesatuan Gerak  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluraga (HKG TP-PKK) ke 51 di Tolitoli berlangsung meriah.

Bupati Tolitoli Amran H Yahya membuka rapat konsultasi Tingkat Kabupaten Tolitoli yang dirangkaikan dengan pelantikan Ketua TP-PKK Kecamatan Lampasio, Ogodeide, Dondo, dan Tolitoli Utara di Gedung Labong Boki Tolitoli, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan ini mengangkat tema bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh mewujudkan Indonesia tumbuh. 

Caroline Moh. Besar Bantilan selaku Ketua Panitia melaporkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat, meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP-PKK dalam rangka memperdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan motivasi dan kesadaran Anggota PKK, kader PKK serta masyarakat agar mampu melaksanakan program PKK serta aktif dalam mendukung kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan pembangunan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 9-11 Agustus dengan jumlah peserta rakor seratus orang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli, Sriyanti Amran dalam sambutannya mengatakan, TP-PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif.

Hal ini akan menjadi modal sosial yang sungguh besar dalam proses pembangunan penggerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Itu adalah prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa. Berbagai kegiatan pembangunan negara kita apapun bentuknya  misalnya dalam hal percepatan penurunan stunting  maka apabila disertai dengan dukungan peran serta dan gotong royong masyarakat, Insya Allah hasil dan dampaknya akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa,” jelas Sriyanti.

Sementara itu, Bupati Tolitoli Amran H Yahya menyampaikan, banyak hal yang telah dilakukan oleh PKK selama 51 tahun ini yang diwarnai dinamika perjalanan yang menyertainya.

Perjalanan panjang ini kiranya dapat menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dengan  pendekatan cipta, rasa dan karsa yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada rohnya, yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memperdayakan keluarga. Artinya, keluarga-lah yang harus jadi fokus perhatian kita. Keluarga-lah yang harus kita berdayakan  karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat dimana sebagai tempat pembelajaran pertama dan madrasah awal bagi putra putri pemimpin bangsa kelak,” tegas Amran.

Bupati mengucapkan selamat kepada pengurus TP-PKK kecamatan yang  dilantik, semoga dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab serta dapat menjalin kerja sama yang baik.

“Kepada para pengurus diucapkan terimakasih yang mendalam sekaligus apresiasi  atas dedikasi dan kerja samanya selama ini dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi Kabupaten Tolitoli,” ujar Bupati.

Perlu diketahui, TP PKK Tolitoli kerap meraih prestasi tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Bupati Tolitoli dan Ketua TP PKK Tolitoli mewakili Provinsi Sulawesi Tengah meraih juara terbaik tingkat nasional serta kader inspratif diraih oleh ibu Indri dari Desa Buntuna Kecamatan Baolan.

Sementara itu lomba dalan rangka HKG yaitu lomba administrasi diraih Desa Pinjan Kecamatan Tolitoli Utara,  lomba pola asuh diraih Desa Buntuna Kecamatan Baolan, lomba UP2K yaitu Desa Tampiala Kecamatan Dampal Selatan, lomba Hatinya PKK Desa Malangga Kecamatan Galang, lomba Kesehatan Lingkungan Desa Dongingis Kecamatan Dakopemean, Pencegahan stunting diraih Desa Silindou Kecamatan Basidondo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tolitoli, Moh. Besar Bantilan,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli, Ketua dan Pengurus TP-PKK Kabupaten Tolitoli, para Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten Tolitoli,  para camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Tolitoli, serta Ketua dan Pengurus TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Tolitoli. GUS

Komentar