MTQ Tolitoli Berlangsung Spektakuler, Kecamatan Galang Hattrick Juara

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 42 di Tolitoli berlangsung spektakuler. Kecamatan Galang berhasil mencetak rekor dengan tiga kali berturut-turut atau hattrick juara MTQ.

Penutupan MTQ  Tolitoli tahun 2023 bertempat di Lapangan Desa Tinabogan Kecamatan Dondo, Jum’at (17/11/2023) pukul 20.00 Wita. Penekanan tombol sirine oleh Bupati Tolitoli Amran H Yahya menandai berakhirnya kegiatan akbar MTQ Tolitoli.

Acara religius yang sangat spektakuler tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Tolitoli bersama Kementerian Agama Tolitoli.  Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh penjuru Kabupaten Tolitoli menyemut di Lapangan Desa Tinabogan untuk menyaksikan penampilan idolanya.

Sebuah suguhan qasidah massal dari seluruh kafilah se Kabupaten Tolitoli dilanjutkan persembahan drumband dari siswa-siswi  MTs Negeri 1 Tolitoli serta pembacaan puisi oleh Sekretaris Camat Dondo  mengawali rangkaian prosesi penutupan MTQ.

Camat Dondo, Moh. Idham selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan MTQ Tolitoli mulai dari acara pembukaan hingga penutupan.

“Kami selaku tuan rumah tentunya sangat bangga atas tanggungjawab yang diberikan serta terlaksananya kegiatan ini dengan maksimal hingga selesai. Kami memohon maaf jika ada kekurangan dalam proses acara ini,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tolitoli,  Moh. Taslim mengatakan, kegiatan MTQ tingkat kabupaten kali ini seperti pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, karena tingginya antusiasme masyarakat. Perputaran ekonomi juga sangat meningkat pesat selama sepekan ini.

“Atas nama Kementerian Agama Tolitoli, saya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada camat dan seluruh masyarakat Kecamatan Dondo yang memberikan pelayanan sangat baik selama kegiatan berlangsung.  Jalinan silaturahmi yang selama beberapa hari ini terbangun dengan baik, dan semoga saja ini akan berlanjut dan menjadi kekuatan bagi kita untuk bersinergi membangun Kabupaten Tolitoli yang kita cintai bersama,” pungkasnya.

Bupati Tolitoli Amran H Yahya mengatakan, momentum MTQ bisa menjadi motivasi untuk terus mengasah kemampuan qori dan qoriah.

Bagi para juara, Amran berharap untuk terus meraih predikat yang gemilang serta terus melaju di event tingkat provinsi. Sedangkan bagi yang belum mendapatkan kesempatan menjadi juara semoga bisa terus mengasah keterampilan dan keahlian yang dimiliki serta makin semangat dalam belajar dan berjuang.

Diakhir sambutannya, Bupati Tolitoli mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh peserta, panitia  yang terlibat pada kegaiatan MTQ ini, semoga bisa memperkuat dan memperkokoh silaturrahmi serta ukhuwah islamiyyah.

“Semoga kita semua diberikan kekuatan, kesehatan dan umur yang berkah hingga kembali bertemu pada MTQ ke-43 tahun 2025 mendatang di Kecamatan Tolitoli Utara,” tutupnya.

Rentetan acara diakhiri dengan pemberian hadiah berupa uang tunai kepada seluruh peserta lomba  dilanjutkan pencabutan undian kepada peserta juara 1,2 dan 3 di semua kategori lomba untuk mendapatkan paket umroh. GUS

Komentar