Gubernur Sulteng Tegaskan Pasokan Listrik Jadi Kunci Utama Masuknya Investasi

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menerima audiensi General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Sulawesi, Josua Simanungkalit, di ruang kerjanya, Jumat (26/1/2024).

Turut hadir, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi Nur Akhsin, Manager Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah, Renar Parama Aryoputro.

GM PT PLN (Persero) UIP Sulawesi, Josua Simanungkalit menyampaikan tujuan kedatangannya dalam rangka silaturahmi sekaligus memohon dukungan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam penyelesaian jaringan SUTT 150 kV Palu 3-Tawaeli.

Selain itu, dia juga memohon dukungan terkait kelancaran pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), khususnya pada proyek jaringan transmisi yang melintasi perusahaan-perusahaan di wilayah Tentena dan Kolonodale.

Menanggapi itu, Gubernur Rusdy Mastura menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi menyelesaikan permasalahan yang dimaksud.

“Buat surat nanti kita (Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah) bantu,” pesannya kepada GM PT PLN (Persero) UIP Sulawesi agar Asisten Perekonomian dan Pembangunan segera fasilitasi.

Menurutnya, perpindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan memberikan angin segar bagi masyarakat Sulteng, terlebih khusus menyiapkan sebagai daerah penyangga/penopang kebutuhan IKN Nusantara.

Provinsi Sulawesi Tengah saat ini menjadi magnet bagi para pelaku usaha dan industri karena memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, sehingga menjadi pasar potensial bagi komoditi usaha di berbagai bidang.

Hal ini tentu memiliki dampak signifikan untuk meningkatkan kemajuan perekonomian masyarakat Sulawesi Tengah.

Namun, masuk dan berkembangnya investasi di suatu wilayah tak terlepas dari ketersediaan energi listrik.

“Listrik adalah sumber dayanya. Maka, menjaga keandalan pasokan listrik jadi kunci utama,” katanya. Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PLN UIP Sulawesi UPP Sulteng atas pembangunan jaringan transmisi, sehingga membantu memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat dan menjadi penopang roda ekonomi. LAH

Komentar