Safari Ramadan ke Tolitoli, Pemprov Sulteng Sampaikan Progres Pembangunan Daerah

-Tolitoli, Utama-
oleh

TOLITOLI– Road Show Safari Ramadan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) berlanjut di Masjid Agung Al Mubaraq Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli pada Rabu (20/3/2024) malam.

Gubernur Sulteng diwakili Kepala Biro Kesra, Awaludin menyampaikan salam hangat untuk seluruh lapisan masyarakat Tolitoli.

Dirinya ditugaskan untuk mewakili Gubernur Rusdy Mastura sekaligus mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tolitoli dan segenap pengurus masjid atas penyambutan yang diberikan kepada rombongan tim Safari Ramadan Pemprov Sulteng.

Selanjutnya dia berpesan dan sekaligus mengajak umat Islam untuk mengoptimalkan Ramadan ini sebagai bulan introspeksi diri sekaligus bulan sosial untuk berbagi kebersamaan, serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam membangun Sulteng yang lebih sejahtera dan maju.

Kegiatan Safari Ramadan juga menjadi sarana informatif, untuk penyebarluasan pesan-pesan pembangunan yang diselipkan dalam ceramah agama singkat oleh para dai tim Safari Ramadhan Provinsi.

Ditambah lagi dengan adanya kegiatan ini, juga menjadi wadah untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat, dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan.

Selain itu, Kepala Biro Awaludin juga menyampaikan bahwa menjelang Ulang Tahun ke 60 Provinsi Sulawesi Tengah pada 13 April 2024 nanti, progres pembangunan Sulawesi Tengah di bawah kepemimpinan Gubernur Rusdy Mastura bersama Wagub Ma’mun Amir selama 2,5 tahun membangun Negeri Seribu Megalit terus menunjukkan kinerja positif.

Dia menyebutkan, diantaranya penurunan kemiskinan ekstrem dari 3,02% pada tahun 2022 menjadi 1,44% pada tahun 2023, penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75% tahun 2022 menjadi 2,95% tahun 2023, sehingga Sulteng masuk ke dalam lima besar daerah di Indonesia dengan TPT terendah.

Kemudian peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 tahun 2022 menjadi 71,66 tahun 2023; Pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06%, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5%; serta realisasi investasi tertinggi nomor 3 secara nasional, yang diikuti dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, dari Rp900 miliar menjadi Rp2 triliun pada tahun 2023.

Lompatan-lompatan tersebut di atas bisa diraih berkat kerjasama/dukungan semua stakeholder, termasuk Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Dengan ikhtiar menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat Tolitoli untuk terus berkolaborasi dan bersinergi membangun daerah.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Sulteng menyerahkan sejumlah bingkisan kepada imam dan takmir Masjid Agung Al Mubaraq Tolitoli.

Turut hadir, Bupati Tolitoli Amran H Yahya bersama jajarannya, Kanwil Kementerian Agama, Kadis Kesehatan Komang Adi Sujendra, Kadis Cikasda Andi Ruly Djanggola, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Muchsin Pakaya, Ustaz Abdul Rahman Vikri Badjeber.

Untuk diketahui Tim Safari Ramadhan 1445 H di Kabupaten Tolitoli juga mendatangi Masjid Babussalam di Nopi dipimpin Kadis Pendidikan Yudiawati V Windarrusliana dan Masjid Mujahidin dikoordinatori Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Nelson Metubun. HAL

Komentar