KPU Touna Lantik 174 PPS, Minta Jalankan Tugas dengan Penuh Integritas

-Tojo Unauna, Utama-
oleh

TOUNA– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah melantik dan mengambil sumpah janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di wilayahnya, Ahad (26/5).

Seperti yang berlangsung di sebuah hotel Ampana, sebanyak 174 orang anggota PPS se Kecamatan Ampana Kota, Ratolindo, Ampana Tete dan Ulubongka dilantik oleh Komisioner KPU Touna Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nidaul.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut disaksikan oleh Wakapolres Touna Kompol Ullil Rahim, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, Perwira Penghubung Kodim 1307/Poso serta Ketua dan Anggota Bawaslu Touna.

Komisioner KPU Touna Divisi Teknis Penyelenggaraan Nidaul menyampaikan, tahapan pilkada serentak jika dihitung mundur tinggal enam bulan lagi, tepatnya 27 November akan melaksanakan yang namanya voting day.

“Sehingga kami menyadari betul bahwa pentingnya momen pilkada ini dalam menjaga martabat dan demokrasi bangsa dengan jujur, adil, akuntabel,” ucapnya.

Dia mengatakan, seorang atau salah satu penyelenggara yang paling penting dalam tahapan ini adalah PPS.

Karena kata dia, PPS adalah orang yang akan melaksanakan tahapan di tingkat desa yang terutama pemutakhiran data pemilih.

“Untuk itu, kami berharap PPS yang terpilih harus memiliki kompetensi kapasitas dan kemandirian tinggi dan harus mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan perundang-undangan,” katanya.

Dia juga mengucapkan selamat kepada PPS yang telah dilantik.

“Selamat menjalankan tugas dengan amanah dan tanggung jawab serta penuh integritas, karena sebagai seorang penyelenggara kita harus dituntut integritas,” tuturnya.

Sementara itu, Wakapolres Touna, Kompol Ullil Rahim juga mengucapkan selamat kepada anggota PPS pilkada serentak tahun 2024 yang telah dilantik.

“Sebagaimana kita saksikan bersama rekan-rekan PPS semua telah melakukan sumpah dan penandatanganan pakta integritas dan itu adalah modal dasar rekan dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Wakapolres berharap, PPS dalam menjalankan tugas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 ini agar meningkatkan komunikasi dan koordinasi, baik Bawaslu maupun pihak keamanan TNI-Polri.

“Mari bekerjasama. Kami dari pihak keamanan berkomitmen mendukung secara optimal terhadap sukses dan lancarnya pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Touna tahun 2024,” tutur wakapolres.

Dia juga berpesan kepada seluruh PPS bekerja secara profesional sesuai tupoksi, serta saling koordinasi di tingkat desa ada bhabinkamtibmas serta babinsa, sehingga pelaksanaan pilkada di Touna dapat berjalan aman dan lancer. CAL

Komentar