Propam Polda Sulteng Periksa Senpi dan Tes Urine Personel Ditres Narkoba, Hasilnya?

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan penegakan ketertiban dan disiplin (gaktibplin) personel Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba usai pelaksanaan apel di mapolda setempat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu, Rabu (5/6/2024) pagi.

Kabid Propam Polda Sulteng, Kombes Polisi Ian Rizkian Milyardin memimpin langsung pelaksanaan gaktibplin, dengan melakukan pemeriksaan kondisi senjata api (senpi) dan tes urine anggota Ditres Narkoba di halaman mapolda.

Satu persatu pemegang senpi diperiksa dan pengambilan urine di bawah pengawasan Bidpropam bekerjasama dengan Bidang Dokkes Polda Sulteng.

Ian Rizkian mengatakan, gaktibplin merupakan kegiatan rutin untuk mengecek personel dalam mematuhi aturan disiplin anggota Polri.

“Hari ini kita dadakan melakukan pemeriksaan kepada personel satker Ditresnarkoba Polda Sulteng,” katanya.

Dia juga menyebut gaktibplin dilakukan dengan memeriksa urine anggota dan pemeriksaan kepada pemegang senpi.

“Kadang anggota lalai melakukan pengecekan kondisi senjata api, sehingga kotor yang mengakibatkan macet atau rusak, serta kita cek masa berlaku surat izinnya,” ujarnya.

Demikian juga sebagai anggota Ditresnarkoba, tidak dibenarkan terlibat dengan mencoba atau sebagai pemakai narkoba, karena ini akan berpengaruh terhadap kinerjanya, jelas Ian Rizkian.

“Untuk meastikan hal itu, Propam bekerjasama dengan Biddokkes juga melakukan tes urine kepada personel Ditres Narkoba,” tegasnya.

Berdasarkan hasil tes urine terhadap puluhan personel Ditres Narkoba, tidak ditemukan urine yang positif mengandung narkotika, psikotropika atau obat-obatan terlarang.

Sedangkan untuk pemeriksaan senpi, ditemukan beberapa senpi dalam kondisi kotor. “Langsung kita berikan teguran,” tegasnya.

Dia mengucapkan terima kasih komitmen yang ditunjukkan para personel Ditres Narkoba Polda Sulteng sebagai ujung tombak pemberantasan peredaran gelap narkoba.

“Seluruh personel hasil tes urine negatif dan tetap profesional dalam menjalankan tugas,” tuturnya.

Dia mengimbau kepada pemegang senpi agar secara rutin dilakukan perawatan.

Menurutnya, senjata api harus selalu bersih, sehingga mendukung dalam tugas dan usia pakai yang panjang. CAL

Komentar