Walikota Palu Sebut Kawasan Tondo akan Jadi Pusat Kota Baru

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan sertifikat hak milik (SHM) kepada warga Hunian Tetap (Huntap) I Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, di kantor kelurahan setempat, Senin (17/1/2022) pagi.

Penyerahan sertifikat tanah gratis yang merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan Kepala Kantor BPN Palu, Yannis Harryzon Dethan secara simbolis kepada 50 perwakilan warga Huntap I Tondo.

“Sertifikat ini kita terima beres, tidak ada lagi bayar apa-apa,” kata Walikota Hadianto dalam sambutannya.

Dia berharap, semoga huntap yang diterima oleh warga itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Perlu diketahui kata walikota, kawasan Tondo ini akan menjadi pusat kota baru, sehingga tentunya Huntap I akan menjadi bagian dari itu.

“Tondo ini akan menjadi daerah segitiga emas,” tuturnya.

Oleh karenanya walikota berharap kepada warga agar mohon memperhatikan klausul yang sudah disepakati bersama oleh pemerintah dan penerima huntap I Tondo.

Khususnya kata dia, terkait pada perubahan atas bangunan agar jangan sampai itu tidak sesuai lagi, sehingga kesannya jadi kumuh karena kedepannya Tondo ini akan menjadi pusat kota.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Palu, Yannis Harryzon Dethan menyebutkan, ada 1.600 warga di Huntap I Tondo yang akan menerima sertifikat PTSL secara bertahap.

Saat ini kata dia, warga di Huntap I Tondo yang sudah menerima sertifikat tanah gratis dari program PTSL itu sebanyak sekira 950 orang.

“Karena keterbatasan anggaran, jadi penyerahannya step by step. Yang pasti ada komitmen dari pemerintah untuk menyelesaikan semuanya,” katanya. CAL

Komentar