Bupati Tolitoli Terima Infrastruktur TMMD Dari Danrem 132 Tadulako

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto menyerahkan infrastruktur hasil pekerjaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 118 kepada Bupati Tolitoli, Amran H Yahya.

Penyerahan hasil TMMD itu juga disaksikan oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan dan sejumlah pejabat daerah di Desa Galumpang Kecamatan Dakopemean, Kamis (19/10/2023).

Program TMMD yang berlangsung selama  satu bulan tersebut telah tuntas, dan tepat waktu sesuai jadwal yang direncanakan.

Adapun sasaran fisik yang berhasil diselesaikan berupa pengerasan jalan sepanjang 3.000 meter dengan lebar empat meter, pembuatan jembatan sepanjang 11 meter lebar 4 meter, dua unit plat deuker di Dusun Penyapu, dua unit plat pelintas di Dusun Penyapu, rehab masjid di Dusun Pulae dan pembangunan musollah, serta renovasi kamar mandi di Lapangan Desa Galumpang.

Selain program sasaran fisik juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non fisik berupa  penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan radikalisme, penyuluhan pertanian, penyuluhan pelayanan publik dan kependudukan, penyuluhan penanganan stunting, penyuluhan perikanan, penyuluhan narkoba, penyuluhan Posyandu/KB kesehatan, penyuluhan perternakan, penyuluhan hukum dan kamtibmas serta pelayanan Posbindu.

Sebagai informasi, TMMD ke 118 melibatkan sebanyak 150 orang terdiri dari TNI Angakatan Darat sebanyak  90 orang, TNI Angakatan Laut sebanyak 10 orang, Polres Tolitoli sebanyak 22 orang, Satuan Pamong Praja sebanyak 28 orang, serta melibatkan masyarakat Kecamatan Dakopamean sebanyak 100 orang.

Danrem Dody Triwinarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 telah mengamanatkan kepada TNI untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya dengan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pembangunan TMMD  yang mengangkat tema Sinergi Lintas Sektoral  Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat.

Tema ini menjadi tambahan energi dan semangat untuk terus berjuang bersama rakyat membangun negeri.

Dody menuturkan, TNI lahir dari rakyat  sehingga keberadaannya pun harus bermanfaat bagi rakyat, dan akan selalu manunggal dengan rakyat.

“Di setiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan cucuran keringat dan semangat gotong-royong serta kebersamaan yang terpancar di setiap wajah para Prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan,” tegasnya.

Danrem mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Tolitoli, Dandim 1305/BT selaku Dansatgas, unsur Forkopimda Tolitoli serta instansi terkait dan seluruh masyarakat Desa Galumpang yang sudah bekerja keras untuk berpartispasi pada TMMD ke 118 ini sehingga program ini bisa selesai tepat waktu.

“Selama satu bulan kebersamaan kita sudah terbentuk. Insya Allah apa yang kita perbuat akan diridhoi oleh Allah SWT,” ucap Danrem.

Di akhir acara, Komandan Korem 132 Tadulako bersama ibu, Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli beserta unsur  Forkopimda  Tolitoli menyerahkan makanan tambahan kepada anak-anak yang terindikasi stunting dan sembako kepada lansia, serta langsung meninjau dan meresmikan jembatan, mushola, dan masjid yang telah dikerjakan oleh satgas TMMD. GUS

Komentar