Bupati Tolitoli Awali Panen Padi di Desa Lantapan

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Bupati Tolitoli Amran H Yahya mengawali panen padi di Desa Lantapan pada kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan Nasional yang dimotori oleh TNI dan Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia, Rabu (1/11/ 2023).

Gerakan Ketahanan Pangan merupakan program Wakil Presiden  Ma’ruf Amin bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi  Listyo Sigit Prabowo.

Program ini mengharuskan semua pimpinan TNI di seluruh daerah untuk menghimbau dan membantu masyarakat dalam mengelola lahan pertanian dan perkebunan sehingga tidak ada lagi lahan tidur yang tidak terkelola.

Terkait program ini, Bupati Tolitoli Amran H Yahya menyampaikan ucapan terimakasih  serta apresiasi kepada jajaran TNI dan Kementerian Pertanian yang sudah melaksanakan kegiatan ini.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Kodim 1305 Buol Tolitoli dan Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli, kelompok tani dan seluruh masyarakat yang sudah melibatkan diri pada  Gerakan Ketahanan Pangan kali ini.

Bupati Tolitoli juga mengaharapkan agar masyarakat lebih serius lagi untuk mengelola lahan-lahan pertanian, agar produksi pertanian lebih meningkat lagi, tidak terdapat lagi lahan yang tidak dikelola atau lahan tidur di Kabupaten Tolitoli.  

Di akhir acara, Bupati Tolitoli menyerahkan bantuan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) secara simbolis  kepada empat kelompok tani.

AUTP bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan, dan serangan organisme pengganggu tumbuhan. GUS

Komentar