Warga Pulau Lingayan Tolitoli Curhat ke Sarifuddin Sudding Soal Listrik

-Tolitoli, Utama-
oleh

TOLITOLI– Sejumlah warga Pulau Lingayan menghadiri kampanye koalisi partai pendukung Calon Presiden Prabowo Subianto yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Desa Ogotua, Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu (27/1/2024) sore.

Kampanye itu dihadiri Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sulteng, Sarifuddin Sudding dan Ketua DPC PBB yang juga Bupati Tolitoli, Amran H Yahya.

Hadir pula sejumlah calon legislatif (caleg) PBB seperti Syafruddin untuk DPRD Kabupaten Tolitoli dan Muhammad Fauzan Adzima di DPRD Provinsi Sulteng.

Kedatangan Sarifuddin Sudding yang kembali maju sebagai caleg DPR RI dari PAN pada Pemilu 2024 untuk periode keempat itu disambut hangat warga Desa Ogotua, khususnya dari Pulau Lingayan.

Warga Pulau Lingayan antusias menyampaikan aspirasinya di depan Sarifuddin Sudding, caleg DPR RI dari PAN bernomor urut 1 itu.

Salah satu aspirasi warga Pulau Lingayan adalah kondisi listrik di salah satu pulau terluar Indonesia berbatasan dengan Malaysia tersebut.

Dimana, warga Pulau Lingayan belum menikmati listrik dari PLN hingga saat ini.

Menanggapi hal itu, Sarifuddin Sudding yang duduk di Komisi III DPR RI mengatakan bahwa terkait dengan kondisi listrik di pulau-pulau terluar ini, dirinya akan berkomunikasi dengan rekan-rekan PAN di Komisi V DPR RI yang membidangi BUMN.

Menurutnya, kondisi listrik di pulau terluar harus jadi perhatian bersama.

“Ini anak-anak bangsa, tak boleh ada perlakuan diskriminatif terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ujarnya.

Untuk, dia berharap pemerintah bisa melakukan inovasi, contohnya dengan program listrik tenaga surya.

Meski tak sepenuhnya memenuhi kebutuhan listrik warga, program ini dinilai bisa dipertimbangkan sebagai salah satu solusi.

“Seharusnya pemda mengambil inisiasi seperti itu (penggunaan tenaga surya),” harapnya.

“Saya kira ini bisa saja dilakukan oleh pemda pada pulau-pulau terluar, termasuk di Pulau Lingayan Tolitoli ini,” tambahnya.

Selain Sarifuddin Sudding, Bupati Tolitoli Amran H Yahya yang hadir dalam kesempatan itu juga memberikan tanggapannya.

Kondisi listrik di Pulau Lingayan pun turut menjadi perhatian Bupati Tolitoli.

Terkiat dengan kondisi listrik PLN di Pulau Lingayan itu, dirinya sudah beberapa kali mengusulkan listrik masuk, namun belum terealisasi oleh PLN.

“Tadi saya tanya kembali, dia (pihak PLN) menyebut ini tidak akan berhenti diusulkan, karena memang yang menentukan itu dari atas (PLN pusat),” ujarnya.

“InsyaAllah tahun ini di sekitar Pulau Lingayan sudah ada listrik, jadi saya kira ini hanya persoalan waktu,” pungkas Bupati Amran H Yahya. CAL

Komentar