Gubernur Sulteng: BPD dan Pemdes Harus Berkolaborasi!

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menghadiri Temu Raya Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se Sulteng, di Graha Pemda Banggai, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 3 Persatuan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banggai yang mengusung tema “Penguatan Kelembagaan BPD”.

Gubernur Rusdy Mastura dalam sambutannya mengharapkan kegiatan itu dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi baik antara BPD dan pemerintah desa (pemdes) guna mewujudkan penyelenggaraan roda pemerintah dan pembangunan desa.

Selain itu BPD memiliki peran yang sangat strategis sebagai lembaga yang mengemban fungsi legislatif di tingkat desa, serta bertugas untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, juga mengawasi jalannya pemerintahan.

Gubernur mengatakan, peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan BPD menjadi sangat penting agar dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan optimal.

Begitu juga dengan aparatur desa merupakan kreator yang menggerakkan masyarakat dan melahirkan embrio perubahan di desa.

“Perlu profesionalisme dan integritas perangkat desa dan BPD sangat penting dalam membangun desa diantaranya dengan menyatukan langkah, dan menyamakan cara pandang, sehingga perlu digali lagi potensinya sebaik-baiknya untuk sinergitas pemerintah kabupaten se Sulawesi Tengah,” katanya.

Dalam hal itu juga Bupati Banggai dan selaku ketua BPD, Amirrudin menyampaikan kenaikan tunjangan BPD di wilayahnya seiring dengan kenaikan APBD setempat juga terus meningkat perlu diketahui selama tiga tahun terakhir pada 2024 menjadi Rp3,2 triliun.

“Ini bukan dari andil bupati dan wakil bupati, ini berkat dukungan semua masyarakat Kabupaten Banggai. APBD inilah yang menaikkan tunjangan BPD se Kabupaten Banggai,” katanya.

Sementara itu, gubernur menyerahkan bantuan sosial secara simbolis berupa perikanan tangkap dan budidaya P2HP sumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura. CAL

Komentar