Lepas Kontingen Lomba Utsawa Dharma Gita, Besar Bantilan: Ajang Pererat Toleransi Umat Beragama

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Kontingen Lomba Utsawa Dharma Gita Kabupaten Tolitoli yang akan mengikuti lomba Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan, Sabtu pagi (15/7/2023).

Pelepasan tersebut dilaksanakan di Pura Padma Eka Buana Sari Desa Tinading Kecamatan Lampasio.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tolitoli Nyoman Mertade dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Utsawa Dharma Gita ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga tingkat nasional setiap tiga tahun sekali.

Tahun ini, Kontingen Kabupaten Tolitoli berjumlah 50 orang terdiri dari 18 orang pendamping/official dan 32 orang peserta yang akan berlomba pada 18 kategori lomba dari 32 cabang yang dilombakan. Lomba tersebut akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 17 – 19 Juli 2023 di Kabupaten Morowali Utara.

Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh peserta Lomba Utsawa Dharma Gita, pelatih dan official yang akan mewakili seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Besar Bantilan menyampaikan bahwa Lomba Utsawa Dharma Gita atau lomba membaca Kitab Hindu melalui nyanyian suci keagamaan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk lebih meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Hindu dalam membentuk akhlak dan moral yang mulia sehingga toleransi antar umat beragama di Kabupaten Tolitoli tetap selalu terpelihara dengan baik.

“Saya berharap agar seluruh umat Hindu di Kabupaten Tolitoli dapat terus berkontribusi mendukung semua program-program pemerintah membangun daerah dalam bingkai semangat  gotong royong serta terus bersama merawat kebangsaan dengan terus menjaga dan memelihara toleransi antar umat beragama di daerah tercinta ini,” tegas Besar Bantilan.

“Saya juga berharap agar seluruh peserta lomba dapat berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas sehingga nama baik daerah kita tetap terjaga dengan baik,” harapnya mengakhiri sambutan.

Acara pelepasan peserta Lomba Utsawa Dharma Gita ini turut disaksikan pejabat Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Tolitoli, Camat Lampasio bersama Forkopimca, Kepala Desa Tinading, Kepala Desa Sibea, para Ketua PHDI Desa se-Kecamatan Lampasio serta tamu undangan lainnya. GUS

Komentar